MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

            Di postingan kali ini saya akan mereview sebuah video tentang tanggung jawab seorang ayah kepada anaknya. Sebelum saya mereview saya akan membahas tentang pengertian manusia sebagai makhluk social, pengertian tanggung jawab, dan macam-macam tanggung jawab.

A.         PENGERTIAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL
Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain, selanjutnya interaksi ini berbentuk kelompok. Kemampuan dan kebiasaan manusia berkelompok ini disebut juga dengan zoon politicon.
Istilah manusia sebagi zoon politicon pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles yang artinya manusia sebagai binatang politik. Manusia sebagai insan politik atau dalam istilah yang lebih populer manusia sebagi zoon politicon, mengandung makna bahwa manusia memiliki kemampuan untuk hidup berkelompok dengan manusia yang lain dalam suatu organisasi yang teratur, sistematis dan memiliki tujuan yang jelas, seperti negara.

B.         PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab   karena  ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa  pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya.Untukmemperoleh atau meningkatkan  kesadaran  bertanggung  jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan,penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

C.         MACAM-MACAM  TANGGUNG JAWAB
Manusia  itu berjuang  memenuhi  keperluannya  sendiri atau untuk keperluan  pihak lain. Untuk  itu ia manghadapi  manusia  lain dalam masyarakat  atau menghadapi  lingkungan  alamo Dalam usahanya  itu manusia juga menuadari  bahwa ada kekuatan  lain yang ikut menentukan yaitu  kekuasaan   Tuhan.   Dengan  demikian  tanggung  jawab   itu  dapat  dibedakan   menurut keadaan  manusia  atau hubungan  yang dibuatnya.  Atas dasar  ini, lalu dikenal  beberapa jenis tanggung  jawab,  yaitu  :
(a)  Tanggung jawab terhadap diri sendiri
            Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran  setiap orang untuk memenuhi kewajibannya  sendiri dalam mengembangkan  kepribadian  sebagai  manusia pribadi. Dengan demikian  bisa memecahkan  masalah-masalah  kemanusiaan  mengenai  dirinya sendiri Menurut sifat dasamya  manusia  adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan  seorang  pribadi  maka  manusia  mempunyai pendapat  sendiri, perasaan sendiri angan-angan  sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan  itu manusia berbuat  dan  bertindak.  Dalam hal ini manusia tidak luput  dari  kesalahan,  kekeliruan,baik yang  disengaja maupun tidak.
 (b)  Tanggung jawab terhadap keluarga
            Keluarga  merupakan  masyarakat  kecil. Keluarga  terdiri dari suami-istri. dan anak-anak. Tiap anggota  keluarga  wajib bertanggung jawab  kepada keluarganya. Tanggung jawab  ini menyangkut  nama baik keluarga. Tetapi tanggung  jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan. pendidikan, dan kehidupan.
(c) Tanggung  jawab terhadap Masyarakat
            Pada hakekatnya  manusia  tidak bisa hidup tanpa bantuan  manusia  lain. sesuai dengan kedudukannya   sebagai  mahluk  sosial.  Karena  membutuhkan   manusia  lain  maka  ia  hams berkomunikasi  dengan  manusia  lain  tersebut.  Sehingga  dengan  demikian  manusia di  sini merupakan  anggota masyarakat  yang tentunya mempunyai  mempunyai tanggung jawab  seperti anggota masyarakat  yang lain agar dapat melangsungkan  hidupnya dalam masyarakat  tersebut Wajarlah  apabila segala tingkah laku dan perbuatannya  harus dipertanggung  jawabkan  kepada masyarakat.
(d). Tanggung jawab  kepada  Bangsa / Negara
            Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu  adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung  jawab kepada negara.
(e). Tanggung jawab terhadap Tuhan
            Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya  manusia mempunyai tanggung jawab Iangsnng ternadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman  Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab sud melalui berbagai macam agama Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah  Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya  dilakukan manusia ternadap Tuhan sebagai penciptanya,  bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.
Review  Link Video
            Dalam video berdurasi 5 menit ini menceritakan tentang kedekatan seorang ayah dengan anaknya. Video ini mempunyai alur mundur, di menit pertama ayahnya masuk rumah sakit karena kecelakaan, dan anaknya mengingat kembali kenangan masa lalu Bersama ayahnya. Dalam video terlihat seorang ayah dan anak nya yang mengendarai sepeda motor sambil berbincang-bincang. Ayah nya mengatakan bahwa ia ingin suatu saat anaknya yang menggantikannya mengendarai sepedar motornya. Di menit selanjutnya ayahnya menjemput anaknya pulang larut malam dari sekolah. Anaknya enggan di jemput ayahnya, di karenakan tidak bisa makan Bersama teman. Saat menjemput anaknya, ayahnya membawa makanan makanan untuk anaknya yang sedang lapar. Saat musim dingin anaknya terserang flu, ayahnya sudah mempersiapkan tisu di bagasi motornya itu dan memasukan tangan anak yang kedalam kantong jaket nya agar tidak kedinginan. Ketika ada festival kesenian, anaknya membawa peralatan untuk festival. Peralatannya costum robot dan tidak muat jika di bawa menggunakan motor, akhirnya ayahnya memakai costum tersebut agar bisa dibawa menggunakan motor. Di menit pengujung akhir, anaknya mempebaiki sepeda motor yang rusak karena kecelakaan dan belajar mengendarai sepeda motor. Ketika ayahnya sehat kembali anaknya menggantikan ayahnya mengendarai sepeda motornya memenuhi keinginan ayahnya dimasa lalu.
Kesimpulan Review video :
         Dari video tersebut terdapat beberapa macam tanggung jawab. Diantaranya :
A.     Tanggung jawab terhadap keluarga
Dari Tokoh sang ayah :
1.       Memberikan perlindungan atau memberikan rasa aman untuk keluarganya. Yaitu saat ayahnya menjemput anaknya yang pulang larut malam dari sekolahnya.
2.       Memberikan rasa nyaman untuk keluarga. Pada saat anaknya terserang flu, ayahnya sudah mempersiapkan tisu di bagasi motornya itu dan memasukan tangan anak yang kedalam kantong jaket nya agar tidak kedinginan.
3.       Memberikan Pendidikan formal kepada anaknya.
4.       Mencari nafkah untuk keluarganya.
5.       Menanamkan sikap dan teladan yang baik
Dari Tokoh sang anak :
1.       Menuruti Perkataan Orang tua & tidak boleh melawan
2.       Sayang Kepada Orangtua
3.        Belajar dengan giat
4.       Tidak berkata kasar dan menyakiti orang tua

B.      Tanggung jawab  kepada  Bangsa / Negara
1.       Belajar dengan sungguh-sungguh sehingga bisa berguna bagi nusa dan bangsa...
C.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
1.       mengerti dan menyadari posisi kita untuk senantiasa belajar dan mengerjakan segala pekerjaan rumah dengan penuh dedikasi



Comments

Popular Posts